Langsung ke konten utama

TEORI PERIKLANAN


RUPA PERIKLANAN

Oleh bapak : Pungky Febi Arifianto, S.Sn., M.Sn



Apa sih ekosistem yang ada di Indonesia? Mengapa pemahaman definisi dan ekosistem periklanan ini penting?

Karena pemahaman secara menyeluruh dalam mengenai periklanan itu masuk subsektor ekonomi kreatif di mana ekonomi kreatif ini lagi digalakkan oleh pemerintah sampai tahun 2025 sebagai penyanganan untuk membangun sumber daya manusia di dalamnya dengan pendekatan ekosistem. Pemetaan ekosistem ini merupakan modal dari kondisi ideal periklanan yang ada di industri sehingga kita mengetahui letak posisi industri periklanan pendidikan apresiasi dan konsumen.

Asal kata periklanan berasal dari bahasa Belanda yaitu kata advertensi yang berasal dari kata advertenties, sementara reklame berasal dari kata reclame. Meskipun istilah periklanan di Indonesia berasal dari Bahasa Belanda, sebenernya kedua Bahasa tersebut berasal dari Bahasa latin karena periklanan dalam bentuk visual, pertama kali digunakan oleh bangsa Mesopotamia, Babilonia, Yunani, dan Romawi Kuno. Advertensi dalam Bahasa latin adalah advertere, “mengarah kepada” atau “menarik perhatian seseorang pada”. Kata tersebut kemudian diserap ke dalam Bahasa Prancis kuno menjadi avertire, yang berarti “untuk mengumumkan” atau “untuk memperingatkan”. Sementara reklame dalam Bahasa latin disebut re-clamare yang artinya “untuk mengumumkan” atau “untuk menyatakan”.

Pada tahun 1951 barulah istilah periklanan diperkenalkan oleh seorang tokoh pers Indonesia bernama Soedarjo Tjokrosisworo. Kata dasar periklanan adalah iklan yang diambil dari Bahasa Arab, yaitu I’lan atau I’lanun, yang diartikan sebagai “informasi” atau “pengumuman”.

Bedasarkan pemahaman tersebut, maka periklanan dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), didefinisikan sebagai segala sesuatu yang yang berhubungan dengan iklan, semestara kata dasarnya, yaitu iklan. Yang berarti:

1.       Berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai untuk tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

2.       Pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang didalam media massa seperti surat kabar dan majalah atau di tempat umum.

Jenis-jenis iklan

1.    Iklan non komersil / layanan masyarakat / public service ads

Iklan non komersil adalah iklan yang bertujuan untuk menciptakan kesadaran atau mengedukasikan masyarakat terhadap suatu hal.

2.    Iklan komersil

iklan komersil adalah iklan yang bertujuan untuk membujuk target konsumen untuk membeli suatu produk. Contohnya iklan pasta gigi.

Apa sih ekosistem periklanan yang ada di Indonesia?

Ekosistem periklanan

1.         Ranta nilai kreatif

Dalam rantai nilai kreatif terdapat aktivitas utama, aktivitas pendukung, dan pelaku yang terlibat di dalamnya serta keluaran dari setiap proses rantai kreatif. Hasil akhir dari kegiatan rantai nilai kreatif periklanan berupa iklan di media tradisional dan digital. Riset pasar iklan yaitu : kreasi, produksi dan distribusi.

 

·         Devisi kreasi

1.       Account executive deparement bertugas mencari klien yang memerlukan jasa peerusahaan periklanan untuk mempromosikan produk atau mereknya.

2.       Creative department berperan untuk mengubah ide-ide abstrak ke dalam bentuk yang dapat dipahami oleh target khalayak.

3.       Media dapertement devisi ini bertugas dalam proses kreasi lebih pada penyususnan dan mempersiapkan strategi perencanan media yang akan dipakai untuk menyampaikan iklan klien pada target khalayak.

 

·         Devisi produksi dan pascaproduksi

1.       Account executive deparemen bertugas melakukan pengawasan dan koordinasi atas pekerjaan yang dilakukan oleh creative department.

2.       Creative department berperan sangat besar. Creative director menjadi tanggung jawab atas karya klien yang diproduksi tim kreatif. Dalam creative departemen terdapat Tim kreatif yang menjalankan tugasnya masing-masing dalam kegiatan produksi, yaitu: copywriter, art director visualizer, graphic designer.

3.       Production dapertement bertanggung jawab meneruskan proses kerja yang dilakukan creative department hingga materi iklan siap ditampilkan ke media.

4.       Talent department bertugas mendukung pekerjaan creative dapertement dan production dapertement dengan menyediakan model sesuai dengan ide dan kebutuhan tim kreatif.

5.       Project management melakukan pengawasan atas proses kerja di perusahaan periklanan.

 

·         Devisi distribusi / media placement

1.       Media director berperan strategis terutama saat melakukan negosiasi dan menjaga relasi dengan pihak media.

2.       Media menager berperan untuk menjaga relasi dari klien.

3.       Media planner Menyusun dan mempersiakan strategi, perencanaan, pendajwalan, pemilihan media, dan besarnya anggaran iklan yang diperlukan.

4.       Media buyer melakukan negosiasi pemesanan dan pembelian ruang iklan di media sesuai rencana yang disusun oleh media planner.

5.       Media monitoring melakukan pengawasan, dan memonitor penayangan atau pemuatan iklan sesuai dengan pesanan dan pemberian data yang dibutuhkan oleh media planner.

 

2.         Lingkungan pengembangan

Untuk menjaga kelangsungan dan perkembangan proses penciptaan karya kreatif periklanan diperlukan dukungan dari lingkungan pengembangan (nurturance environment) yang terdiri atas apresiasi dan Pendidikan.

 

Apresiasi periklanan dapat berupa penghargaan yang diberikan oleh asosiasi periklanan maupun media. Penghargaan sudah dilakukan ditingkat nasional dikemas dalam acara Citra Pariwara.

 

Industry periklanan memiliki program apresiasi tahunan yaitu, Citra Pariwara sebuah lomba iklan tingkat nasiaonal yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I).

 

3.         Pasar

Keluaran rantai kreatif periklanan dinikmati oleh masyarakat, baik yang menjadi target pasar maupun khalayak umum yang bukan menjadi target dari produk, gagasan, atau pesan yang diiklankan. Selain itu, karya karya iklan juga akan dilihat pemprakarsa iklan, serta pihak-pihak lain seperti pemasok, distributor, kritikus, dan lainnya.

 

Pengawas merupakan pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk melakukan fungsi pengawasan sesuai yang diatur dalam kebijakan.

 

4.         Pengarsipan

Pengarsipan merupakan proses dokumentasi dan penyimpanan karya iklan yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh orang kreatif periklanan, asosiasi, pelaku bisnis, Lembaga Pendidikan, komunitas, dan pemerintah sebagai media embelajaran dan literasi.

 

 

Amelia Tri Rachmawati

19105111

DKV-03-B

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

NIRMANA WARNA 2D

Yak, oke teman-teman semua disini gw bakal nyeritain kesan-kesan gw pertama kali mempelajari mata kuliah Nirmana warna 2D. Kenapa pertama? Yak oke, perkenalkan gw seorang mahasiswa baru Jurusan Desain Komunikasi Visual di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Perguruan Tinggi dibawah naungan PT Telkom Indonesia. Oke, langsung aja kita ke topik. Nirmana adalah sebuah karya yang tidak memiliki arti namun memiliki sebuah keindahan. Nirmana dibagi menjadi dua bentuk yaitu Nirmana 2D dan Nirmana 3D. Disini kita akan bahas tentang Nirmana warna 2D. 1. LINGKARAN WARNA Lingkaran warna adalah tugas pertama gw di mata kuliah Nirmana. Apa itu lingkaran warna? Lingkaran warna adalah komposisi antara warna primer, sekunder, dan tersier. Warna primer tersebut ialah, merah, kuning, dan biru. Sedangkan, warna sekunder ialah percampuran warna primer (kuning + biru) menghasilkan warna hijau. (merah + kuning) menghasilkan warna orange. (merah + biru) menghasilkan warna ungu. Kemudian warna

Kisah penuh hikmah

Jadi gini ceritanya... Kejadiannya terjadi udah lama sih, awalnya saya dan teman-teman saya habis kerja kelompok. Setelah kerja kelompok selesai niat saya ingin mngantarkan teman saya pulang. Saya mengantarnya dengan menggunakan sepeda motor. Pada saat diperjalanan saya dan teman saya keasikan ngobrol dan sampai tidak melihat kalau ada polisi tidur. Dan akhirnya saya dan teman saya terjatuh. Kemudian saya ditolong orang dan setelah itu saya terdiam sejenak dan berpikir bahwa ketika sedang berkendara kita harus berhati-hati dan tidak boleh bercanda saat berkendara agar kita selamat. Sekian byeee :))

Kesan masuk SMK Telkom Jakarta

Kesan pertama saat memasuki SMK Telkom jakarta rasanya senang sekali,  apalagi saat-saat pertama MOS, saya bertemu teman-teman baru yang asik, suasana baru dan kakak-kakak OSIS yang baik. Ketika MOS aku mempunyai temen-teman sekelompok yaitu kelompok Modulasi, ya bisa dibilang mereka orang asing ya maklum karna baru pertama jadi masih kaku. perkenalan pun dilakuan oleh kakak mentor kami. berlanjut ke perlengkapan yang harus dibawa sebagai syarat mengikuti MOS, waktupun berlalu, selama 3 hari begitu melelahkan tapi itu juga menajadi sebuah kenangan yang tak terlupakan. sekian dulu sampai bertemu lagi :)